Home

Jumat, 13 Agustus 2010

Pemanfaatan Energi

Energi diperoleh dari hasil pembakaran energi bebas didalam makanan menjadi energi bebas yang ditimbun dalam ATP. Molekul ATP berfungsi sebagai sumber nergi bagi semua aktifitas organisme yang dapat dibagi menjadi beberapa golongan.

1. Kerja Mekanis
Pergerakan atau lokomosi adalah salah satu cra hewan untuk melakukan kerja mekanis. Kerja mekanis selalu tejadi akibat kontraksi sel otot. Energi yang diperlukan untuk keperluan kerja mekanis disediakan oleh ATP.

2. Transfor Aktif
Pada uraian sebelumnya telah ditunjukan bahwa energi dibutuhkan pada transfer ion atau molekul melawan gradien konsentrasi (transport aktif ).

3. Produksi Panas
Energi merupakan sumber panas bagi organisme. Mamalia dan burung sangat bergantung pada panas yang dihasilkan oleh tubuhnya sehingga menjaga suhu tubuh tetap konstan. Pada umumnya, produksi panas merupakan hasil samping dari proses perubahan energi lain dalam sel. Ingatlah bahwa banyak energi yang hilang dalam bentk panas. Kontraksi otot diluar kehendak (gemetaran), digunkan untuk mencegah penurunan suhu tubuh sampai dibawah normal. Sumber energi bagi kontraksi tersebut adalah ATP.

4. Anabolisme
Anabolisme adalah sitesis dari makromolekul (protein, polisakarida, dan asam nukleat) dari bahan – bahan yang lebih sederhana. Proses sintesis tersebut tidak dapat berlangsung tanpa suplai energi. Molekul ATP merupakan sumber energi yang dipakai dalam proses anabolis didalam sel, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar